PENGABDIAN MASYARAKAT AKPER KBN MAGELANG

 Pengabdian, Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat

Akademi Perawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang sebagai salah satu pendidikan tinggi mempunyai kewajiban dalam menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang salah satu pointnya adalah pengabdian masyakarakat dalam bentuk kegiatan nyata yang lansung dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan institusi yang diadakan oleh dosen (baik dengan atau tanpa mahasiswa), yang ditujukan untuk masyarakat sebagai salah satu dharma atau tugas pokok perguruan tinggi, di samping dharma pendidikan dan dharma penelitian, sebagaimana yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan guna mewujudkan pengabdian masyarakat sangat erat kaitannya dengan profesi keperawatan yang berorientasi pada pemberian jasa keperawatan yang fokus pada nilai kemanusiaan. Jasa keperawatan yang diberikan tidak membeda-bedakan status sosial, ekonomi, suku, bangsa dan agama.

Lembaga LPPM termasuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Akademi Perawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang memfasilitasi program kegiatan preventif kepada masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan peran serta Akademi Perawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang dalam meningkatkan derajad kesehatan masyakat di Indonesia.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi.
  2. Mengadakan komunikasi langsung dengan masyarakat dalam rangka mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah dinamika masyarakat yang siap menempuh perubahan-perubahan dengan nilai-nilai sosial yang ada.
  3. Membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi pemerintah maupun masyarakat dengan metode ilmiah secara praktis
  4. Aplikasi Ilmu Pengetahuan bidang kesehatahan khususnya keperawatan baik kognitif, psikomotorik dan afektif pada masyarakat.

SASARAN KEGIATAN

Fokus sasaran kegiatan pengabdian masyarakat pada hakikatnya adalah Masyarakat, baik di dalam lingkungan kampus maupun di luar kampus yang juga merupakan mitra kerja Akper karya Bhakti Nusantara Magelang untuk menerapkan IPTEKS. Masyarakat yang menjadi fokus sasaran kegiatan pengabdian masyarakat diklasifikasikan ke dalam kelompok sasaran sebagai berikut, yaitu :

1. Sasaran perorangan

2. Sasaran kelompok

3. Sasaran lembaga.

Sementara cakupan pengabdian masyarakat meliputi :

1. Masyarakat perkotaan atau pedesaan

2. Pemerintah maupun swasta

3. Masyarakat perguruan tinggi tersebut

Dalam hal ini, pemilihan fokus sasaran kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan dan diupayakan dapat menjangkau masyarakat terbelakang karena ketidakmampuannya, sedangkan permasalahan yang dipilih diprioritaskan sesuai dengan bidang keilmuan yang dikembangkan di Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang

JENIS KEGIATAN :

  1. Pendidikan kepada masyarakat untuk mengasah kemampuan masyarakat melalui pelatihan, penataran, penyuluhan, ceramah, pembimbingan dan kursus.
  2. Kegiatan pelayanan kepada masyarakat baik secara kontinu (setiap hari), berkala (periodik) seperti pelayanan konsultasi kepada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki maupun kegiatan pelayanan sewaktu–waktu (misalnya saat terjadi bencana alam).
  3. Layanan partisipasi sebagai layanan pendampingan yaitu layanan kepada masyarakat yang dilaksanakan atas permintaan instansi lain atau masyarakat.
  4. Karya pengabdian kepada masyarakat dalam rangka Penerapan Teknologi Tepat Guna berbasis IPTEKS.
  5. Penerapan hasil penelitian.
  6. Pengembangan Kewirausahaan.

SUMBER PENDANAAN:

Pengorganisasian pembiayaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat bersumber dana dari swadana, Anggaran Rutin, Kementerian Kesehatan dan Instansi Pemerintah lain ataupun sponsor.

JENIS PENGABDIAN

1. Berdasarkan bentuk

a. Kepakaran

Merupakan pengabdian yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan bidang keilmuan. Pengabdian kepakaran ini dapat dilakukan antara lain dalam           bentuk    : 1) Penyuluhan 2) Pelatihan 3) Pendampingan

b. Transfer

Teknologi Merupakan pengabdian yang dilakukan oleh dosen berdasarkan hasil-hasil penelitian yang akan diterapkan (diaplikasikan) kepada                  masyarakat.

2. Berdasarkan kewenangan

a. Mandiri

Panduan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen yang telah memiliki jabatan

akademis.

b. Latihan (magang)

Merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen yang belum memiliki jabatan akademis

3. Berdasarkan jumlah pelaksana

a. Perseorangan

Merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara perorangan.

b. Kelompok

Merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara kelompok baik dalam bidang ilmu serumpun maupun interdisipliner

WILAYAH KEGIATAN:

Di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang

Author: