Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikapdan Nilai*/ Pengetahuan umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampumenunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemnusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, mloral dan etika |
1. Tuhan yang Maha Esa dan Ketuhanan
a. Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa b. Filsafat Ketuhanan 2. Manusia a. Hakekat dan Martabat Manusia b. Tanggung Jawab Manusia 3. Hukum a. Taat Hukum Tuhan b. Fungsi Profetik Agama dalam Hukum 4. Moral a. Agama sebagai Sumber Moral b. Akhlak Mulia dalam Kehidupan 5. Ilmu Pengetahuan dan teknologi a. Iman, Iptek, dan Amal b. Kewajiban Menuntut dan Mengamalkan Ilmu c. Tanggung Jawab ilmuwan dan seniman 6. Kerukunan antar umat beragama 7. Masyarakat a. Masyarakat beradab dan sejahtera b. Peran umat beragama dalam mewujudkan masyarakat beradab dan sejahtera c. HAM dan demokrasi 8. Budaya a. Budaya akademik b. Etos kerja, sikap terbuka dan adil 9. Politik a. Kontribusi agama dalam kehidupan berpolitik 10. Peran agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa |
Agama (2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menginternalisasi nilai,norma, dan etika
2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 4. Berkontribusi dalam penigkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradapan berdasarkan pancasila. |
1. Filsafat pancasila
a. Pancasila sebagai system filsafat b. Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara 2. Identitas Nasional a. Karakteristik identitas nasional b. Wawasan kebangsaan c. Proses berbangsa dab bernegara 3. Negara dan Konstitusi a. Sistem konstitusi b. Sistem politik dan ketatanegaraan indonesia 4. Demokrasi Indonesia a. Konsep dan prinsip demokrasi b. Demokrasi dan pendidikan demokrasi 5. HAM dan Rule of low |
Pancasila
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap Dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Bekerjasama dan memiiki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
1. Hak dan Kewajiban Warga Negara
a. WNI b. Hak dan Kewajiban 2. Geopolitik Indonesia a. Wilayah sebagai ruang hidup b. Otonomi daerah 3. Geostrategi Indonesia a. Konsep astra gatra b. Indonesia dan Perdamaian Dunia c. Konsep Wawasan Nusantara |
Kewarganegaraan
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta dengan tanah air, memiliki nasionalisme sertaa rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | 1. Kedudukan Bahasa Indonesia
a. Sejarah bahasa indonesia b. Bahasa Negara c. Bahasa Persatuan d. Bahasa Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni e. Fungsi Bahasa f. Peran Bahasa dalam Pembangunan Bangssa 2. Menulis a. Menulis Makalah b. Membuat Rangkuman atau Ringkasan Buku c. Resensi Buku 3. Membaca Untuk Menulis a. Membaca Tulisan atau Artikel ilmiah b. Membaca tulisan popular c. Mengakses informasi melalui internet 4. Bicara a. Presentasi b. Seminar c. Berpidato dalam situasi formal |
Bahasa Indonesia
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | 1. Prinsip-prinsip kewirausahaan
2. Jenis-jenis wirausaha di bidang kesehatan atau keperawatan 3. Strategi kewirausahaan dalam bidang kesehatan atau keperawatan 4. Konsep dasar kewirausahaan 5. Analisa kewirausahaan 6. Faktor kewirausahaan 7. Karakter kewiraiusahaan 8. Spirit kewirausahaan 9. Etika wirausaha 10. Tanggung jawab wirausaha 11. Strategi pemasaran 12. Konsep home care 13. Nursing center |
Kewirausahaan
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai */ Pengetahuan Umun | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep anatomi fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, gizi, mikrobiologi, parasitologi, dan farmakologi
2. Mengusai prinsip fisika, biokimia, dan psikologi |
1. Anatomi dan fisiologi sistem tubuh
a. Sistem kardiovaskuler b. Sistem pernafasan c. Sistem pencernaan d. Sistem perkemihan e. Sistem persarafan dan neurobehavior f. Sistem endokrin g. Sistem reproduksi h. Sistem hematologi dan imunologi i. Sistem sensoris ( mata, telinga, hidung, pengecapan j. Sistem muskuloskeletal 2. Fisika a. Biomekanik b. Biolistrik c. Fluida d. Bio-optik e. Bio-akustik f. Termofisika g. Penerapan fisika dalam keperawatan h. Prinsip-prinsip fisika dalam pemeliharaan alat-alat keperawatan 3. Biokimia a. Metabolisme tubuh b. Metabolisme karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air c. Keseimbangan asam-basa d. Mekanisme kerja hormon e. Mekanisme kerja enzim |
Ilmu Biomedik Dasar
(4 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep anatomi fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, gizi, mikrobiologi, parasitologi, dan farkologi | 1. Konsep dasar nutrisi
2. Pengaturan nutrisi 3. Nutrisi pada bayi dan anak 4. Kebutuhan nutrisi bagi remaja 5. Kebutuhan nutrisi bagi dewasa dan lanjut usia 6. Nutrisi pada ibu hamil dan menyusui 7. Nutrisi sebagai terapi 8. Pencegahan dan penanganan kekurangan vitamin, anemia, dan cacingan, KKP 9. Peran perawat dalam pelaksannaan diet pasien |
Gizi dan Diet
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep anatomi fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, gizi, mikrobiologi, parasitologi, dan farmakologi. | 1. Mekanisme adaptasi sel (proses cedera fisik, penyembuhan dan pemulihan dan kematian jaringan atau nekrosis sel meliputi : atropi, hipertropi, iskemik, trombosis, embolis)
2. Kelainan dan interaksi genetik 3. Proses keganasan 4. Tahapan perkembangan mental dan perubahan kesehatan (perkembangan reproduksi, perkembangan anak, dewasa, orang tua atau lansia ) 5. Proses perubahan keseimbangan cairan, elektrolit dan asam basa antara lain : proses odem, hiper dan hipo elektrolit, asidosis dan alkalosis 6. Proses infeksi 7. Proses peradangan 8. Proses imunitas 9. Proses degeneratif 10. Proses terjadinya shock |
Patofisiologi
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep anatomi fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, gizi, mikrobiologi, parasitologi, dan farmakologi. | 1. Konsep farmakologi
2. Peran perawat dalam pemberian obat 3. Cara pemberian obat 4. Konsep dan prinsip pemberian obat oral dan obat topikal, parenteral dan supositoria |
Farmakologi
(3 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Penbetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai prisip fisika, biokimia, dan psikologi | 1. Konsep bio-psikologi
2. Perilaku manusia 3. Perkembangan kepribadian 4. Bio-psiko dan proses sensori-motorik 5. Kesadaran diri 6. Persepsi dan motivasi 7. Emosi, stress dan adaptasi 8. Proses berfikir dan pemecahan masalah 9. Konsep belajar 10. Intelegensi dan kreatifitas 11. Gangguan perilaku 12. Pembentukan sikap |
Psikologi
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasaia pengetahuan faktual tentang antropologi sosial | 1. Konsep antropologi sosial
2. Konsep antropologi kesehatan 3. Proses sosial dan interaksi sosial 4. Berbagai kelompok sosial masyarakat 5. Lapisan lapisan sosial masyarakat 6. Ciri-ciri kelompok sosial dan masyarakat 7. Aturan atau norma-norma dalam kehidupan masyarakat 8. Implikasi antropologi dalam praktik keperawatan 9. Implikasi transkultural dalam praktik keperawatan |
Antropologi Kesehatan
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai kode etik perawat indonesia, pengetahuan faktual tentang hukumdalam bidang keperawatan, prinsip-prinsip anatomi, malpaktek, bioetik yang terkait pelayanan keperawatan. | 1. Nila,norma dan etika
2. Prinsip-prinsip etik 3. Konsep etik dan hukum kesehatan 4. Peraturan, kebijakkan, dan perundang-undangan yang berkaitan dengan praktik keperawatan 5. Kode etik keperawatan 6. Issue etik 7. Masalah etik 8. Dilema etik dalam keperawatan 9. Bio etik keperawatan 10. Hak dan kewajiban pasien 11. Aspek legal dalam praktik keperawatan 12. Keputusan etik |
Etika Keperawatan
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep konsep keperwatan sebagai landasan dalam memberikan asuhan keperawatan secara holistic dan komprehensif | 1. Sejarah Keperawatan
2. Falsafah dan paradigma keperawatan ( manusia, sehat sakit, lingkungan, dan keperawatan) 3. Keperawatan sebagai profesi 4. Pengenalan teori keperawatan 5. Model praktik keperawatan 6. Tren keperawatan di masa yang akan datang 7. Sistem pelayanan kesehatan 8. Peran,fungsi, dan tugas perawat dalam pelayanan kesehatan. |
Konsep Dasar keperawatan
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai Konsep Teoritis Kebutuhan dasar manusia
2. Menguasai jenis,manfaat, dan manual penggunaan alat kesehatan |
1. Mampu memberikan askep pada individu, keluarga dan kelompok baik sehat, sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio psiko, sosial kultural, dan spiritualyang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standar askep dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia.
2. Mampu memilih dan menggunakan peralat dalam memberikan askep sesuai dengan standar askep 3. Mampu mengumpulkan data, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan mendokumentasikan, dan menyajikan informasi asuhan keperawatan |
1. Teori kebutuhan dasar manusia
2. Teori kebutuhan dasar manusia menurut maslow 3. Konsep kebutuhan oksigen 4. Konsep kebutuhan cairan 5. Konsep kebutuhan nutrisi 6. Konsep kebutuhan eliminasi 7. Konsep kebutuhan aktifitas 8. Konsep kebutuhanistirahat dan tidur 9. Konsep keseimbangan suhu tubuh 10. Konsep kebutuhan seksual 11. Konsep kebutuhan rasa aman dan nyaman a. Kehilangan dan berduka b. Penyakit kronis c. Terminal d. Kecemasan 12. Konsep kebutuhan memiliki dan dimiliki 13. Konsep kebutuhan harga diri 14. Konsep kebutuhan aktualisasi diri 15. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan kebutuhan 16. Berbagai prosedural keperawatan dalam memenuhi kebutuhan pasien berhubungan dengan 17. Gangguan kebutuhan oksigen : a. Menghitung pernafasan b. Memposisikan pasien fowler dan semifowler c. Mengumpulkan sputum untuk pemeriksaan d. Memberika oksigen nasal kanul e. Melatih batukefektif 18. Gangguan kebutuhan cairan : a. Mengukur tekanan darah b. Menghitung nadi c. Pemeriksaan rumple-lead d. Memberi minum per oral e. Mengumpulkan urin untuk pemeriksaan f. Memasang kondom g. Menghitung keseimbangan cairan h. Merawat luka infus i. Mengganti cairan infus j. Melepas infus k. Memonitor tetesan infus l. Merawat kateter urin 19. Gangguan kebutuhan nutrisi : a. Mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, lingkar paha b. Menghitung indeks massa tubuh c. Memberikan makan per oral 20. Gangguan kebutuhan eliminasi : a. Membantu pasien eliminasi bak/bab di atas tempat tidur b. Memasang diapers atau popok 21. Gangguan kebutuhan aktivitas : a. Menerima pasien baru b. Memindahkan pasien dari tempat tidur ke kursi c. Memindahkan pasien dari tempat tidur ke tempat tidur yang lain d. Memposisikan pasien ( posisi fowler, semi fowler, lithotomi, dorsal recumben, SIM atau miring kanan dan kiri, trendelenberg, supinasi dan pronasi e. Melatih berjalan f. Memandikan pasien di atas tempat tidur g. Merawat gigi dan mulut: menyikat gigi, merawat mulut, dan gigi pada pasien yang tidak sadar h. Mengganti pakaian pasien di atas tempat tidur i. Mencuci rambut j. Menyisir rambut 22. Gangguan keseimbangan suhu tubuh : a. Mengukur suhu tubuh : oral, axilla, dan rektal b. Memberikan kompres hangat c. Memberikan kompres dingin 23. Gangguan aman nyaman : a. Management stress ( relaksasi, relaksasi otot progesif, nafas dalam, guide imagery, latihan fisik ) b. Membersihkan lingkungan pasien c. Backrub d. Mencuci tangan aseptic dan antiseptic e. Menggunakan alat pelindung diri : barak, scort, sarung tangan, penutup kepala, dll 24. Prosedur perawatan pada tindakan kolaboratif a. Memberikan obat oral b. Memberikan obat parenteral (intrakutan, subkutan, intramuskuler, intravena ) c. Memberikan obat topical (oles, tetes) d. Memberikan obat prarektal/supositoria 25. Jenis, manfaat dan cara penggunaan alat kesehatan yang sering digunakan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan a. Jenis dan tipe alat kesehatan b. Manfaat dan fungsi alat kesehatan c. Prinsip dan prosedur penggunaan alat d. Perawatan dan penyimpanan alat e. Kalibrasi alat : prinsip dan cara pelaksanaan 26. Penyimpanan dan pemeliharaan alat : a. Membersihkan dan menyimpan alat b. Prinsip aseptic pada penggunaan alat kesehatan |
Keperawatan dasar
(5 SKS)
Praktek klinik keperawatan dasar (5 SKS)
|
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep keperawatan sebagai landasan dalam memberikan asuhan keperawatan secara holistic dan komprehensif | 1. Berfikir kritis dan pengambilan keputusan
2. Tahapan proses keperawatan 3. Pengkajian keperawatan 4. Diagnosa keperawatan 5. Perencanaan keperawatan 6. Implementasi atau tindakan keperawatan 7. Evaluasi keperawatan |
Metodologi Keperawatan
(2 SKS) |
Keterkaitan Capaian Pembelajaran Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik pengumpulan, klasifikasi, dokumentasi dan analisis data serta informasi asuhan keperawatan | Mampu mengumpulkan data, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan, mendokumentasikan dan menyajikan informasi asuhan keperawatan | Siswanto, M.Kep :
1. Konsep dokumentasi 2. Teknik dokumentasi dan pelaporan 3. Sistem informasi kesehatan 4. Model pendokumentasian asuhan keperawatan 5. Teknik pendokumentasian asuhan keperawatan) 6. Sistem dokumentasi (manual dan elektronik) 7. Aspek legal pendokumentasian
Budi Ekanto, M.Sc : 8. Model dokumentasi NANDA (NIC dan NOC |
Dokumentasi Keperawatan
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik komunikasi terapeutik serta hambatannya yang sering ditemui dalam asuhan keperawatan.
2. Menguasai konsep,prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan bagi klien |
Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien atau keluarga atau pendamping atau penasehat tentang rencana tindakan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya. Mampu memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pola hidup sehat klien dan menurunkan angka kesakitan. | 1. Konsep dasar komunikasi
2. Komunikasi terapeutik 3. Prinsip komunikasi terapeutik 4. Teknik-teknik komunikasi terapeutik 5. Strategi pelaksanaan (tahap-tahap) komunikasi terapeutik 6. Hambatan komunikasi 7. Penerapan komunikasi berdasarkan tingkat usia 8. Melakukan komunikasi pada setiap tahap proses keperawatan 9. Melakukan komunikasi pada bayi dan anak 10. Melakukan komunikasi pada remaja 11. Melakukan komunikasi pada orang dewasa 12. Melakukan komunikasi pada lansia 13. Melakukan komunikasi pada pasien dengan kebutuhan khusus 14. Melakukan komunikasi pada keluarga,kelompok dan masyarakat 15. Melakukankomunikasi pada pasien dengan fisik dan gangguan jiwa. 16. Konsep, prinsip dan teknik pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan bagi klien. a. Konsep pendidikan kesehatan b. Prinsip pendidikan kesehatan
17. Konsep promosi kesehatan di RS 18. Implementasi promosi kesehatan di tatanan rumah sakit konsep pemberdayaan klien 19. Upaya-upaya kesehatan 20. Rencana penyuluhan kesehatan 21. Media penyuluhan kesehatan 22. Penyuluhan kesehatan pada individu, keluarga dan kelompok khusus. |
Komunikasi (2SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep teoritis penjaminan mutu asuhan keperawatan, konsep teoritis praktek keperawatan berbasis bukti ( Evidence Based Practice). | Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan kuantitas yang terukur terhadap hasil kerja sendiri, tenaga kerja pendukung, (Support Workers) yang menjadi tanggung jawab pengawasan di lingkup bidang kerjanya. | 1. Konsep dan Proses manajemen keperawatan
2. Manajemen perencanaan asuhan keperawatan 3. Konsep supervisi 4. Timbang terima pasien, pendelegasian tugas 5. Konsep manajemen konflik 6. Konsep kolaborasi dan negosiasi 7. Konsep model praktik keperawatan profesional 8. Konsepmutu pelayanan keperawatan 9. Konsep teoritis penjaminan mutu asuhan keperawatan, konsep teoritis praktek keperawatan berbasis bukti ( evidence based practice ) 10. Indikator penilaian mutu asuhan keperawatan 11. Kepuasan pelanggan 12. Membuat rencana kerja sebagai anggota TIM 13. Membuat laporan kerja. |
Manajemen Keperawatan
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep dan Prinsip “Patient Safety”
2. Menguasai konsep antomi fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, gizi, mikrobiologi, parasitologi, dan farmakologi. 3. Menguasai konsep dan prinsip strerilitasdan disinfeksi alat. |
1. Konsep dan prinsip “Patient Safety”
2. Langkah-langkah pelaksaan “Patient Safety” (RS propinsi, Kab.Puskesmas) 3. Standar keselamatan pasien 4. Kriteria monitoring dan evaluasi “patient safety” 5. Komunikasi antar anggota team kesehatan 6. Peran perawat dalam “patient safety” 7. Kebijakan yang mendukung keselamatan pasien 8. Monitoring dan evaluasi “patient safety” 9. Siklus hidup mikroorganisme 10. Kembang-biak mikroorganisme 11. Cara penularan 12. Jenis organisme parasit 13. Siklus hidup organisme parasit 14. Cara berkembang biak 15. Cara penularan 16. Konsep sterilisasi 17. Konsep desinfeksi 18. Cara sterilisasi 19. Macam desinfeksi 20. Konsep pencegahan penularan infeksi 21. Tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi silang 22. Konsep manajemen infeksi nosokomial |
Manajemen Patient Safety
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuhan atau praktek keperawatan yang di lakukan secara mandiri atau berkelompok. | 1. Mampu memberikan askep kepada individu, keluarga dan kelompok baik sehat,sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio,psiko, sosial kultural, dan spiritual, yang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standar askep dan berdasarkan perencanaan keperawatan yangtelah tersedia
2. Mampu memilih dan menggunakan peralat dalam memberikan askep, sesuai dengan standar askep 3. Mampu mengumpulkan data, menyusun, dan mendokumentasikan dan menyajikan informasi askep. |
1. Konsep dan perspektif keperawatan medikal bedah
2. Peran perawat medikal bedah dalam kebijakan pelayanan kesehatan (nasionaldan internasional) 3. Kajian penyakit tropis : malaria, DHF, Thypoid, fila riasis 4. Kajian penyakit infeksi endemis : SARS, Flu burung 5. Kajian penyakit (HIV/AIDS 6. Gangguan kebutuhan oksigen akibat patologis sistem pernafasan dan cardiovaskuler : a. Anamnesa gangguan sistem pernafasan dan cardiovaskuler b. Perekaman EKG c. Pengambilan specimen darah : vena dan arteri d. Pemeriksaan fisik : kecukupan oksigen dan sirkulasi, perubahan irama nafas dan irama jantung : bunyi nafas dan bunyi jantung. e. Menyiapkan pasien untuk pemeriksaan echocardiographi, treadmel test f. Masalah perawatan pada ISPA, COPD, Cor pulmonale, effusi pleura, TBC, CAD, dekompensasi kordis, hipertensi, anemi, gangguan pembuluh darah perifer, DHF g. Tindakan keperawatan pada gangguan kebutuhan oksigen. Ø Memberikan posisi fowler dan semifowler Ø Memberikan oksigen simple mask Ø Melakukan postural drainage Ø Melakukan inhalasi (nebulizer) Ø Melakukan penghisapan lendir Ø Memasang dan memonitor transfusi darah Ø Memberikan obat sesuai progam terapi h. Melaksanakan evaluasi kebutuhan oksigen 7. Gangguan kebutuhan cairan akibat patologis sistem perkemihan dan metabolik endokrin a. Anamnesa gangguan sistem perkemihan dan endokrin b. Persiapan pasien dengan BNO/IVP, USG ginjal c. Pemeriksaan fisik : dehidrasi, overload cairan / edema, kurang mineral d. Masalah perawatan pada pielonepritis, glomerulonefritis, neprotik syndrome, batu saluran kemih, gagal ginjal, diabetes insipidus e. Tindakan keperawatan pada gangguan kebutuhan cairan : Ø Merawat infus Ø Merawat kateter Ø Melaksanakan bladder training Ø Memberikan obat sesuai progam terapi f. Melaksanakan evaluasi kebutuhan cairan dan elektrolit 8. Gangguan kebutuhan nutrisi akibat patologis pencernaan dan metabolik endokrin a. Anamnesa gangguan sistem pencernaan dan metabolik endokrin b. Persiapan pasien dengan barium meal/barium enema, USG abdomen dan endoskopi c. Pemeriksaan fisik : kondisi saluran pencernaan, bentuk abdomen, kesulitan mengunyah dan menelan, bisisng usus d. Masalah keperawatan pada ulkus peptikum, gastroenteritis, thypus abdominalis, colitis, hemoroid, hepatitis, obstruksi intestinal, DM e. Tindakan keperawatan : Ø Merawat NGT Ø Memberikan makanan melalui NGT Ø Memberikan obat sesuai program terapi f. Melaksanakan evaluasi kebutuhan nutrisi 9. Gangguan kebutuhan eliminasi akibat patologis sistem pencernaan dan sistem persyarafan. a. Anamnesa gangguan sistem pencernaan dan persyarafan b. Masalah keperawatan pada konstipasi, inkontinensia urin/ alvi c. Tindaka keperawatan Ø Melakukan manual fekal Ø Merawat kolostomi Ø Membrikan obat sesuai program terapi d. Melaksanakan evaluasi kebutuhan eliminasi 10. Gangguan kebutuhan aktivitas akibat patologis sistem muskuloskeletal dan persyarafan dan indera a. Anamnesa gangguan sistem musculoskeletal dan persyarafan dan indera b. Persiapan pasien dengan CT scan otak dan MS, MRI, angografi cerebral, pungsi lumbal c. Pemeriksaan fisik : Bentuk dan gait tubuh, fungsi sensorik, motorik, keseimbangan pemeriksaan refleks, visus d. Masalah perawatan pada osteomielitis, osteoporosis, fraktur, amputasi, stroke, enchepalitis, meningitis, trauma kepala, trauma medulla spinalis, polio, tetanus, katarak, glaukoma e. Tindakan keperawatan : Ø Melatih pasien menggunakan alat bantu jalan : kursi roda, kruck, tripot, Ø Melatih ROM Ø Memberikan obat sesuai program terapi f. Melaksanakan evaluasi kebutuhan aktivitas 11. Gangguan kebutuhan istirahat dan tidur akibat patologis sistem persyarafan dan integumen a. Anamnesa gangguan sistem persyarafan dan sistem integumen b. Masalah keperawatan: nyeri, gangguan tidur c. Tindakan keperawatan pada gangguan pemenuhan istirahat dan tidur Ø Membantu melaksanakan ritualtidur Ø Melaksanakan program terapi sesuai program d. Melaksanakan evaluasi kebutuhan istirahat dan tidur 12. Gangguan kebutuhan keseimbangan suhu tubuh akibat patologis berbagaisistem tubuh a. Anamnesa riwayat infeksi sistem tubuh b. Masalah perawatan pada pasien denga hipertermi danhipotermi c. Tindakan keperawatan pada gangguan pemenuhan keseimbangan suhu tubuh: Ø Memasang cooler blanked Ø Memasang warmer balnked Ø Memberikan obat sesuai program terapi d. Melaksanakan evaluasi kebutuhan keseimbangan suhu tubuh 13. Gangguan kebutuhan rasa amandan nyaman akibat patologis sistem integumen dan sistem immune a. Anamnesa gangguan sistem integumen dan immune b. Anamnesa tentang kondisi psikologik-sosial c. Pemeriksaan fisik : terhadap integritas kulit / jaringan, tanda infeksi / peradangan, tanda penurunan kesadaran. d. Pemeriksaan tanda kecemasan e. Masalah perawatan pada luka bakar, dermatitis, reaksi obat, dan alergi, SLE, AIDS f. Tindaka keperawatan : Ø Merawat luka Ø Memberikan kompres pada luka Ø Memasang restrain Ø Melakukan test alergi hasil kolaborasi Ø Memberikan obat sesuai program terapi g. Melaksanakan evaluasi kebutuhan rasa aman dan nyaman 14. Keperawatan perioperatif a. Konsep perioperatif b. Aplikasi asuhan keperawatan perioperatif c. Tindakan keperawatan pre operatif Ø Membersihan daerah operasi Ø Mencukur daerah operasi Ø Menyiapkan pelaksanaan informed consent d. Tindakan keperawatan post operatif Ø Menyiapkan TT aether bed Ø Anamnesa dan observasi sirkulasi ( TD, Nadi, pernafasan, suhu tubuh) Ø Mengobservasi perdarahan Ø Pemeriksaan kesadaran Ø Mengobservasi bising usus Ø Membimbing latihan nafas dalam Ø Membimbing batuk efektif Ø Melatih ambulasi Ø Evaluasi asuhan keperawatan perioperatif |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuhan atau praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok | 1. Mampu memberikan askep kepada individu,keluarga, dan kelompok balik sehat, sakit, dan kegawatdarutatan dengan memperhatikan aspek bio,psiko,sosial kultural,dan spiritual yang menjamin keselamatan klien ( patient safety), sesuai standart askep dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia
2. Mampu memilih dan menggunakan peralat dalam memberikan askep sesuai dg standar askep 3. Mampu mengumpulkan data, menyusun, mendokumentasikan dan menyajikan informasi askep. |
1. Konsep neonatus esensial
2. Konsep keperawatan anak sehat 3. Konsep tumbuh kembang anak 4. Sistem perlindungan anak indonesia 5. Konsep keperawatan anak sakit 6. Ragam berbagai penyakit dan masalah-masalah kesehatan anak yang lazim 7. Konsep hospitalisasi 8. Konsep bermain 9. Pemeriksaan perkembangan anak (KTSP dan MTBS) 10. Aplikasi proses keperawatan pada anak sehat sakit 11. Tindakan keperawatan pada anak sehat : immunisasi dasar; bimbingan antisipasi (anticipatory guidance), memandikan bayi
12. Tindakan keperawtan pada anak sakit : melakukan terapi bermain, perawatan bayi dalam incubator, perawatan bayi dengan fototerapi 13. Evaluasi asuhan keperawatan pada anak sehat dan anak sakit. |
Keperawatan Anak
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuha/praktek keperawatan yang di lakukan secara mandiri atau berkelompok | 1. Mampu memberikan askep kepada individu, keluarga dan kelompok baik sehat,sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio psiko, sosial kultural, dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standart askep dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia
2. Mampu memilih dan menggunakan peralat dalam memberikan askep sesuai dengan standart askep 3. Mampu mengumpulkan data, menyusun, mendokumentasikan dan menyajikan informasi askep |
Evy Tri S, S.Kep,Ns,M.Kes:
1. Perspektif keperawatan maternitas 2. Issue dan trend 3. Peran dan fungsi perawat maternitas 4. Anfis reproduksi 5. Konsep keperawatan ibu hamil 6. Konsep keperawatan ibu postpartum 7. Aplikasi proses keperawatan pada ibu hamil dan post partum 8. Tindakan Keperawatan : breast care, pijat bayi, vulva hygiene, Ukur panggul, senam nifas
Munayarokh, S.Pd, M.Kes: 1. Konsep keperawatan ibu intranatal 2. Konsep gangguan kehamilan 3. Aplikasi proses keperawatan intranatal, dan masalah ganguan kehamilan 4. Tindakan keperawatan pada ibu hamil a. ANC/Leopold b. Pendidikan kesehatan pada ibu hamil c. Senam hamil
Rusminah, S.Pd, Ns, MM: 1. Konsep keperawatan dengan masalah reproduksi 2. Ragam gangguan sistem reproduksi : PMS, Infeksi, Gangguan Menstruasi 3. Konsep Bayi Baru Lahir 4. Konsep Keluarga Berencana 5. Aplikasi proses keperawatan pada Bayi Baru Lahir dan masalah reproduksi 6. Tindakan keperawatan pada ibu dengan gangguan reproduksi : a. Pendidikan kesehatan tentang : kesehatan reproduksi, haid dan permasalaahannya, penyakit organ reproduksi b. Persiapan pasien yang akan di lakukan tindakan papsmear
|
Keperawatan Maternitas
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umun | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuhan atau praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok | 1. Mampu memberikan askep kepada individu, keluarga, dan kelompok baik sehat,sakit, dan kegawat daruratan dengan memperhatikan aspek bio psiko,sosial kultural dan spiritualyang menjaminkeselamatan klien (patient safety), sesuai standart askep dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia
2. Mampu memilih dan menggunakan peralat dalam memberikan askep sesuai dengan standart askep 3. Mampu mengumpulkan data, menyusun, mendokumentasikan dan menyajikan informasi askep |
1. Perspektif keperawatan jiwa
2. Trend dan issue keperawatan jiwa 3. Konsep dasar kesehatan atau keperawatan jiwa 4. Model konseptual keperawatan jiwa 5. Konsep penatalaksanaan terapi modalitas 6. Penggolongan gangguan jiwa ( pedoman penggolongan diagnosis gangguan jiwa/PPDGJ dan diagnostik and statistic manual of mental disorders IV/DSM IV) 7. Aplikasi asuhan keperawatan pasien dengan : a. Kecemasan b. Kehilangan dan berduka c. Gangguan konsep diri d. HDR ( Harga diri rendah) e. Isolasi sosial f. Halusinasi g. Resiko perilaku kekerasan h. Defisit perawatan diri i. Regimen terapeutik 8. Tindakan terapi modalitas (TAK dan Psikofarmaka) 9. Evaluasi asuhan keperawatan pada gangguan jiwa |
Keperawatan jiwa
(3 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai konsep dan prinsip pelaksanaan bantuan hidup dasar pada situasi gawat darurat dan atau bencana | 1. Mampu melaksanakan prosedur bantuan hidup dasar (basic life support/BLS) pada situasi gawat darurat/ bencana dengan memilih dan menerapkan metode yang tepat,sesuai standar dan kewenangan | 1. Perspektif keperawatan gawat darurat
2. Konsep dan prinsip gawat darurat 3. Konsep dan prinsip pelaksanaan bantuan hidup dasar 4. Prinsip utama pertolongan korban 5. Langkah-langkah penilaian korban/TRIAGE 6. Konsep pengkajian pada pasien gawat darurat circulation airway breathing (CAB) 7. Sistem pelayanan gawat darurat 8. Konsep,prinsip, bencana dan kejadian luar biasa 9. Sistem penanggulangan bencana terpadu 10. Prosedur bantuan hidup dasar : a. Pemeriksaan tingkat kesadaran kuntitatif dan kualitatif b. Pemeriksaan nadi c. Pemeriksaan kepatenan jalan nafas d. Pemeriksaan pernafasan e. Tindakan resusitasi jantung paru f. Membuka jalan nafas dengan alat (opa) dan tanpa alat g. Tindakan mengeluarkan benda asing h. Pemasangan neck collar i. Tindakan menghentikan perdarahan ( positioning & tourniquet) 11. Prosedur tindakan bencana a. Proses inisiasi awal pada bencana b. Evakuasi dan transportasi korban |
Keperawatan gawat darurat dan bencana
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Uumum | Ketrampilan khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik, prisisp, dan prosedur pelaksanaan asuhan/praktek keperawatan yang di lakukan secara mandiri atau berkelompok | 1. Mampu memberikan askep kepada individu, keluarga dan kelompok baik sehat, sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio,psiko, sosial kultural, dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standar asuhan keperawatan yang telah tersedia
2. Mampu memberikan penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pola hidup sehat klien dan menurunkan angka kesakitan |
1. Konsep kesehatan pada kelompok khusus gerontik
2. Aplikasi asuhan keperawatan pada kelompok khusus gerontik 3. Tindakan pada keperawatan gerontik : a. Terapi kognitif b. Terapi aktivitas c. Bantuan aktivitas sehari-hari (activity daily living-ADL) pada`kelompok lansia d. Senam Lansia e. Evaluasi asuhan keperawatan pada kelompok khusus gerontik |
Keperawatan Gerontik
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuhan atau praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok | 1. Mampu memberikan askep kepada individu, keluarga, dan kelompok baik sehat,sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio,psiko, sosial kultural, dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yangtelah tersedia.
2. Mampu memberikan penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pola hidup sehat klien dan menurunkan angka kesakitan.
|
1. Konsep pelayanan kesehatan primer
2. Konsep keluarga 3. Model konseptual keperawatan keluarga 4. Trend dan issue dalam keperawatan keluarga 5. Konsep asuhan keperawatan keluarga 6. Management sumberdaya keluarga 7. Aplikasi asuhan keperawatan keluarga 8. Tindakan keperawatan keluarga : a. Pendidikan kesehatan pada keluarga b. Merawat anggota keluarga yang sakit c. Pemberdayaan keluarga d. Evaluasi asuhan keperawatan keluarga |
Keperawatan keluarga
(2 SKS) |
Pembelajaran Keterkaitan Capaian Bahan Kajian dan Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran | Mata Kuliah | ||
Sikap dan Nilai*/ Pengetahuan Umum | Ketrampilan Khusus | Bahan Kajian | SKS |
1. Menyususn laporantentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan sahih, mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya
2. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
1. Konsep karya tulis ilmiah (definisi, jenis,ciri-ciri)
2. Langkah-langkah penullisan ilmiah 3. Pengumpulkan data ilmiah 4. Sistematika penulisan 5. Laporan karya tulis ilmiah secara sistematik |
KTI
(3 SKS) |
Comments are closed